Kamis, 02 Februari 2012

SANG PENYAIR dan TUGAS BAHASA INDONESIA


Pernah baca buku Sang Penyair karya Mustafa Lutfhi Al Manfaluthi? Buat yang suka baca, ini bacaan yang menurut saya wajib kalian baca. Saya pertama baca waktu kelas satu SMA. Ceritanya sekali-sekali pengen tuh ngendon di perpustakaan kayak anak pintar, haha. Sambil liat buku, nemu buku Sang Penyair ini. Awalnya baca dua halaman aja, karena udah bel masuk. Beberapa minggu kemudian *bukan hari? ketawan malasnya*, saya iseng lagi ke perpustakaan dan niat minjem tu buku.

Saya baca di rumah selama satu minggu, sampe malem. Inget banget, baca endingnya tengah malam, pake lampu HP, trus sesenggukan gara-gara Sreno si tokoh utama meninggal. Baguuuuus banget ceritanya, bukan cinta-cintaan yang bikin boshaaan! Puisi-puisinya juga bagus, sambil baca otak saya "ngegambar" setting suasananya. Akhirnya dua kali saya baca itu buku.

Pas banget, ada kejadian Bahasa Indonesia ada tugas disuruh ngebaca buku, trus kita tulis secara singkat dan terangkan maknanya. Tugasnya berdua, jadi saya sama temen satu bangku saya. Saya bilang ke temen saya itu, supaya nulis cerita Sang Penyair aja, secara saya udah paham jalan ceritanya *somse'*. Eh, dia ga mau, malah dia pilih buku yg ecek2 *maaf, maksudnya buku bacaan anak SMP gitu*. Tentang anak rajin sekolah! Helloooo, saya ga suka dan saya ga bisa apa-apa. Dia bilang dia aja yg ngebaca dan ngerjain tugasnya. Ya udah saya minggir ke temen sebelah yg lain.

Temen saya yg lain itu bingung ga ada bahan. Saya usulin buat nulis Sang Penyair, mereka mau. Berhubung saya suka banget jadi dengan bodohnya saya bilang
"Aku aja yg ngerjain, ya?" *yaiyalah mau*
Waktu tugas dikumpul, besoknya dibacain sama guru mana yg bagus. Kalian tahu apa kata guru saya?

"dari semuanya, saya suka sama tugas yg baca SANG PENYAIR. Saya sendiri belum habis baca novelnya, tapi memang jalan ceritanya bagus sekali. Emosi sangat dimainkan, dan tokoh utamanya sangat bagus sekali. Saya salut buat yg sudah baca novel ini!".

Krik! Ngkrik!

Saya diem aja, emang bisa apalagi. Pujiannya bukan buat saya T_T. Temen sebangku saya? Ga tau, saya ga mau liat dia waktu itu!! uhuhuhu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

mau protes? tulis aja!!