Senin, 23 April 2012

MACAM-MACAM GAYA DALAM MENYONTEK

Tau gak, nyontek itu ada banyak gaya dan macamnya lho!! Bukan maksud mau ngajarin sih, cuma mau berbagi pengalaman, haha *barusan dapat kabar buruk, haaah bikin ga mood nulis*.

  • Saya "kenal" nyontek dari jaman SMP. Waktu itu masih sistem tanya depan, kanan-kiri, sama belakang. Kalo guru lagi jalan ke pojokan, kita noleh ke samping. Waktu itu jaman UAN kelas 3, pas pelajaran Fisika. Saya ga bisa nomor 6, saya tanya sama temen yg ada di sebelah *cowok*. Pas sama-sama noleh, eh..sama-sama juga tanya nomor 6! Trus kita ketawa bareng. Rasanya romantis banget tau gak sih? Hahaha, ga penting!!!
  • Jaman SMA yg namanya nyontek mulai berkembang. Mulai berani buka buku yg ada di laci meja. Atau pake bahasa mulut alias komat kamit waktu tanya nomor berapanya, trus jawabnya pake jari. Kalo A telunjuk, B tengah, C manis, D kelingking. Saya suka banget kalo ngasih jawaban B ke temen yg lain!!
  • Jaman Kuliah masanya nyontek nih. Bisa ngasih gelar guru besar nyontek deh kayaknya!! Yang paling simpel nulis materi dikertas kecil, trus dilipet-lipet. Saya juga pernah ngelakuin ini, tapi kalo situasi genting aja. Bukan maksud mau sombong ya, tapi setiap buka kertasnya saya gugup, & kalo gugup selama 10 menit tangan ga bisa dipake nulis *gemeteran!!*. Merugikan banget kan?
  • Cara yg lain, diketik di HP. Saya biasanya lebih milih ini sih. Ceritanya HP di taro di kotak pensil, pas pengawas ujian ga ada kita buka deh.. Masih berhubungan sama HP, temen saya unik lagi. Dia rekam lewat HP. Jadi masuk ruangan sambil masang earphone. Heran juga pengawasnya kok ga curiga ya??
  • Trus ada yg nulis di belakang penggaris, pake pensil. Ada yg ketik komputer, dibuat kecil banget, tempel deh di belakang kalkulator!!
  • Ada juga yg hebat ke dua nih.. Ada polpen yg bisa sembunyiin kertas. Kalo ditarik ada kertas panjangnya. Ya di kertas situ nulisnya!! Enak kan?
  • Hebat pertama adalah, yg ujian ceritanya minta ijin ke WC. Nah pas dia keluar dia bawa soal juga, di luar ada orang yg nunggu buat ngerjain tu soal. Entar yg ujian minta ijin ronde ke 2 Ke WC. Ambil jawaban yg udah ditulis sama orang yg di luar! Hebat kan?? Jenius!!
Yak, itulah beberapa contoh menyontek yg saya pernah temui dan lakukan. Tapi kalo bisa nih... kalo bisa ya!! Jangan ditiru!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

mau protes? tulis aja!!