Sabtu, 17 September 2011

NIKAH MUDA

Mau ngobrolin tentang nikah muda, nih. Mungkin ada keluarga atau temen kalian yang baru umur di awal 20-an aja udah pada ngebet pengen nikah, atau malah kalian udah nikah diusia segitu? Dari jaman dulu (jaman embah saya), yang namanya cewek lewat dari umur 16 belum juga nikah udah dikatain perawan tua! Jadi orangtuanya "berburu" pria-pria yang entah itu temannya bapaknya, saudara jauh, tetangga, atau bahkan baru kenal. Ga peduli yang namanya bebet bibit bobot, yang jelas tu anaknya udah nikah aja deh.

Kalau yang saya tahu, nikah buat cewek ideal umur 25, untuk cowok juga sih (lupa dapat info darimana). Nah...yang bikin saya agak bengong, sekarang mereka para pasangan berani ngurangin tu angka. Lulus SMA menurut saya pribadi kalo gak sanggup kuliah atau ambil kursus, ya cari kerja aja dulu. Ternyata ada temen yang langsung mutusin buat nikah, dan umurnya masih 19 tahun. Kata temen yg lain, suaminya temen saya itu lumayan berduit jadi ga ragu deh buat kejenjang itu. Lanjut ketemen SD saya yang hampir 70% udah pada nikah. Saya mah cuma nganga aja waktu ada undangan dateng ke rumah. Trus ada adek kelas kuliah yg lulus langsung nikah pula? Hei, kamu pinter dek, kenapa kerja dulu??
Lalu sedikit ngebahas tentang ini sama salah satu temen :

" Kenapa orang sekarang pada nikah muda? gak pengen cari kerja apa?" kata saya
" Mungkin desakan orangtua, kadang jengah juga kalo liat anaknya pacaran lama " kata temen saya
" Tapikan muda banget... belum juga 25 " kata saya ngotot
" Orang yg sudah berhubungan lama, pasti punya pikiran ke arah sana cepat2. Apalagi kalo cowoknya udah mapan. Kalo masih jomblo sih emang gak mikirin cepet2" .

JLEB!! JLEB!! JLEB!! JLEB!! (ngena banget ni kata-kata)

Yg saya pikirin dari mereka yg nikah muda itu gini (oia, saya liat objeknya adl cewek2nya) :

Kenapa gak cari kerja dulu? Senengin orangtua dulu, kasih uang buat orangtua (kasusnya kalo ortunya gak ngebet banget anaknya nikah). Walaupun akhirnya pasangan muda ini juga bakalan kerja keduanya, dan bakalan kasih buat ortunya. Tapi beneran deh, pasti banyak yg mesti diperhitungkan sebelum uang itu akhirnya singgah ke dompet orangtuanya. Karena udah nikah pasti banyak kebutuhan yg lain, apalagi udah punya anak.
Trus gak bisa ya tunggu umur agak lebih sedikiiiiiit lagi. Nah, masalah ini pernah saya obrolin sama temen kuliah yg udah nikah umur 18 deh kalo ga salah bener.

"Kenapa mau nikah umur segini? Kan masih muda kamu, ntar terikat gak bisa bebas" kata saya
"Ah, ga juga. Dia ngebebasin aku kok, asal aku ingat aja kalo aku udah nikah statusnya" kata temen saya
" Tapikan masih umur seginiii, belum juga 20 tahun" kata saya
" Lho, yang namanya umur gak nentuin orang siap atau gak buat nikah. Aku umur segini emang udah mantap, aku udah siap, pacarku juga udah mapan, mamaku juga setuju malah nyuruh cepet2. Biar kata umur 27 atau 30 kalo emang dia belum ada mental buat berumah tangga, ya tetep gak bisa. Dewasanya orang gak ditentukan sama umur, mbak" kata temen saya .

Saya cuma mlongo aja dengerin dia jelasin itu. Dan nyatanya sampe sekarang dia berhasil dengan rumah tangganya, saya tahu selama beberapa tahun itu ga gampang buat dia, saya yg orang lain aja ngerasa gak sanggup. Tapi untung temen saya orang yg kuat, sangat kuat!!

Nah itu salah satu yg susah juga buat dihilangkan. Ego anak muda masih main dilevel puncak. Tapi sekali lagi yg namanya jodoh juga ga ada yg tahu, jodohnya dikasih nikah sama Tuhan umur muda dan langgeng sampe tua kan, sapa nyana? Dan bener kata temen saya, Dewasanya seseorang atau ada dan tidaknya mental buat berumah tangga itu bukan ditentukan dari umur.

Tapi saya masih gak habis pikir sama yg nikah muda!!! (trus buat apa ada tulisan ini)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

mau protes? tulis aja!!