Jumat, 16 Maret 2012

LATAH

Latah adalah suatu keadaan fisik di mana penderita secara spontanitas mengeluarkan respon (berupa ucapan kata-kata atau kalimat dan sering disertai gerakan tubuh) terhadap suara atau gerakan yang sifatnya mengagetkan penderita. Sejauh ini, latah baru ditemukan di budaya dan orang Asia Tenggara, terutama Indonesia dan Malaysia.

Saya latah, mulai dari jaman SMA. Awalnya gara-gara pas kelas satu, anak cowok yg pada duduk di belakang suka gendang-gendang meja ga jelas. Berhubung kelas kita paling besaaaar, dan jauh dari jangkauan guru-guru, yg namanya ribut itu mah biasa.

Selain gendang-gendang, mereka juga suka teriak-teriak. Siapa yg ga jantungan coba? Belum latah sih waktu itu, cuma kaget-kaget doang. Nah, pas kelas 3 baru berasa sengsaranya. Ada satu anak suka ngagetin, namanya Mesa Alhuarismi. Lagi enak-enak berdiri di deket pintu ngecengin orang, dia ngagetin sambil nepuk bahu bilang "MERDEKA". Otomatis saya juga bilang merdeka T.T. Lama-lama ngagetinnya pake gaya, bilang merdeka sambil angkat tangan kayak pejuang.

Lebih parah lagi, ada yg namanya Rendi Aries Prapta. Dia suka ngagetin pake gaya suketi. Tau suketi? Karakter tante kunkun yg diperanin Suzana. Lagi duduk dikursi sambil becandaan sama eva, dina, dewi. Rendi lewat sambil pegang kepala saya *ceritanya cabut paku gitu -..-*, trus bilang " hi..hi..hi..". Otomatis lagi saya juga bilang " hi..hi..hi..".

Paling ngeselin kalo lagi baris di lapangan depan, sebelum pulang sekolah. Pasti semua ngagetin. Jadi ga keitung saya bilang merdeka berapa kali... bilang hihihi berapa kali *tragis ya*.

Ga selesai sampe saya lulus SMA, ternyata nyambung sampe kuliah. Gara-gara saya satu kampus sama Awi yg juga mantan temen SMA. Dia ngebocorin kalo saya latah, alhasil semua berhasil dengan sukses ngagetin saya. Andri bikin latah saya jadi up date. Dia ngagetin saya sambil nyanyi, saya juga ikutan nyanyi. Dia juga bikin penelitian tentang saya, katanya masa inkubasi latahnya selama 30 detik. Dosen juga ada yg penasaran sama latah saya, namanya bu Emy. Setiap lebaran atau ketemu di kampus, ibunya suka ngagetin gitu. Namanya kaget reflek saya bilang " eh monyong setan!!". Ibunya girang kalo saya udah kaget, kata ibu baru saya yg berani ngatain dosen *ya iyalah dosennya yg minta*.

Tapi tau gak, latah itu sakit lho... Kayak orang kaget terus-terusan itu gimana? Dada rasanya nyut-nyutan. Haaaah, nasib ketemu temen gila pada ni begini... T_T

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

mau protes? tulis aja!!