Jumat, 10 November 2017

RANDOM

Di akhir masa SMA itu lagi gencar2nya pembicaraan tentang mau kuliah dimana? Saya waktu itu dapat obrolan itu dari nining, dia ngajak saya kuliah di banjarmasin supaya sama2 satu kost. Dia sudah punya tujuan kuliah, masuk ekonomi. Saya malah kayak orang bego, nggak tau mau kemana. Bahkan saya masih buta apa itu kuliah?

akhirnya yg ngurusin ini itu kakak sama mama saya. Saya jurusan IPS tapi mama nggak mau saya jauh dari rumah. Akhirnya disuruh masuk Fakultas Pertanian tapi jurusan Sosial Ekonomi Pertanian. Disana ada temen kakak saya yg kuliah juga, katanya pelajarannya seputar ekonomi juga kok. Sebenernya saya berat hati, karena Fakultas Pertanian itu eksakta. Saya takut kalau banyak hitungannya, saya bodoh hitungan! Tapi tetep kalah sama mama, akhirnya saya masuk situ lewat tes SPMB campuran. Saya milih Pertanian jadi pilihan pertama, kedua ekonomi ke tiga lupa deh..

Yap saya keterima bos. Luntang lantung sendiri karena nggak punya temen. Ospek segala macem ketemu sama satu temen SMA anak ipa. Namanya Indah Winarni. Nggak lama saya banyak teman, dan dipertemukan sama Hafiz arga dan andri. Saya dapat dosen yg kata orang2 Killer! Namanya Djoko Santoso, orang malang yg nyentrik. 

Beliau sebenernya orang yg baik, pinter. Tapi tampangnya sangar, ni saya nulis aja sambil bayangin mukanya dan ciut sendiri hahahaha. Bapaknya kecil aja orangnya. Jarang bawa buku ke dalam kelas. Cara ngajarnya juga sesukanya, kadang ada dibuku kadang nggak ada. Setiap mau konsultasi saya selalu gugup. Padahal cuman mau telponan doang. Saya jujur dari awal kalau nggak pintar hitungan. Jadi kalau dalam semester awal saya dipilihin mata kuliah yg hitungannya cuman satu mata kuliah aja. Pelajaran beliau juga kebanyakan tentang hitungan. Pernah saya disuruh ke rumahnya bawa CD kosong, di copy kan film apa tuh yg vampir2 edward yg putih nggak ketulungan hahaha. Padahal saya nggak suka, tapi karena lagi booming dikira bapaknya saya demen kali ya, ya sduah deh saya bawa pulang. Bapaknya orangnya nyablak, saya pernah dikatain di depan semua orang yg notabene nya adek tingkat dan kakak tingkat...

TIKA, KAMU ITU LEMOT!!!

Menurut lo? Ok, saya jadi bahan guyonan dalam sekejap. Dan beruntungnya saya sudah belajar kesabaran yg penuh sampai merasuk ke dalam jiwa. Bisa kalian tebak, kedepannya saya lebih dominan untuk menjadi pusat perhatian beliau. Lagi jalan dikoridor gitu kan, ketemu.. Di teriakin lemot. awalnya malu, tapi ya sudahlah mungkin itu takdir pikir saya. Akhirnya magang pun dimulai, dan saya dipilihin di tempat temennya. Tempat sapi2 gitu, saya sampe bingung mesti ngapain disana. Saya cuman liat2 sapi, kasih maka sapi, trus pulang. Ujian magang saya selesaikan, laporan sudah saya jilid sebanyak 5, tapi sampai sekarang belum saya kasih ke kampus.

SKRIPSI...

Mereka bilang saya enak karena dicarikan judul sama dosen saya. Kalian tahu apa judul skripsi saya? Supply Penawaran Jagung di Kalimantan Selatan. Jujur sampe sekarang saya nggak paham apa maksudnya itu. Waktu temen saya pada sibuk cari judul, saya sibuk cari referensi. Dan cuman ada satu judul skripsi yg sama kayak saya, wohoooo dia anak buah pak djoko juga. Saya baca2 isinya dan saya tetep nggak paham. Intinya saya harus cari tentang komoditas jagung selama 12 tahun di KalSel ini. Saya harus pakai program SPSS, tinggal masukin data dan hasil keluar. Ya kita tinggal baca hasil aja guys, hedeh... Semua temen dan keluarga nyemangatin. Tapi tau nggak, saya tekanan batin sama skripsi saya. Saya sama sekali nggak paham isinya, apa yg mesti saya kerjakan? Dosen ke dua saya pernah saya tanya tentang turunan dari rumus yg dikasih pak djoko. Dan dijawab...

"Tika, ibu nggak paham ini. Kamu tanya aja ke pak djoko langsung ya. Atau kamu upahkan aja skripsinya tika, ibu nggak paham "

Waktu itu rasanya saya ketiban batu besar banget di kepala saya. Bahkan sekelas dosen aja nggak paham sama skripsi saya. Pengen nangis aja kerjanya setiap mbuka catatan. Saya sampai trauma sama Skripsi dan kampus. Saya cuman bayar SPP dan sekali dua kali aja konsul. Beberapa semester saya buang percuma, iya saya cuma buang2 uang mama saya. Saya benci skripsi saya. Temen saya cuman disuruh hitung laba rugi, atau cuman cari keuntungan suatu produk. Kenapa saya harus diberi yg otak saya nggak sanggup? Setiap kali bulan januari sama september saya ketakutan, karena itu musimnya wisuda. Setiap ditanya mama saya selalu marah, supaya nggak ditanya kelanjutannya. 

Sampai akhirnya saya kenal suami saya, dan dia ngajak nikah cepet. Dia bilang harus selesaikan kuliah saya. Saya pusing, trauma muncul lagi. Ada dosen yg satu komplek ruko sama kantor saya, dia mau bantu. Saya ceritakan panjang lebar sambil nangis, dan dia mau bantu. Tapi saya tau kalau itu cuman kata2 penyemangat aja. Saya mulai nggak percaya semua orang. Mereka ngeremehkan saya, mereka nuduh saya macam2. Mereka bilang kenapa nggak kasian sama mama saya? saya buang2 uang mama saya.. Dan sampe sekarang mama masih bisa nanyakan tentang lanjut kuliah. Suami juga sering nunjuk2 kampus setiap kami lewat.

Saya pintar, kok. Saya nggak bodoh. Itu yg saya percaya. Saya cuman lemah dalam hitungan, saya nggak bisa matematika. Dan bukannya saya nggak kasian sama mama saya, bukannya saya nggak mau bikin mama saya bangga. Itu tekanan batin, yg bikin saya ngerasa kesiksa tiap detiknya. Buat kalian yg nggak mau ngerti, ya sudah apa boleh buat. Terkadang ada juga kok hal yg saya nggak bisa ngerti dari orang lain.

Maap keun saya ya.. buat orang2 yg tidak berkenan..











Tidak ada komentar:

Posting Komentar

mau protes? tulis aja!!