Selasa, 19 Desember 2017

Hai.. Hallo.. Saya lagi di kantor, dan lagi turun hujan. Dipta ikut saya ngantor hari ini, karena mbah masuk rumah sakit.

Minggu lalu mbah sudah masuk rumah sakit. Keluhannya muntah2 dan sakit kepala. Padahal pagi nya nggak papa, masih ketawa2 bareng kami semua. Masuk rumah sakit sehari karena tensinya 170. Akhirnya besoknya pulang ke rumah, dan baik2 aja. Bahkan bisa ngupas bawang, nyapu juga nutup jendela. Waktu itu mama bawa pulang nasi padang yg dibelikan mba ipit. Lauknya udang 10 biji dan gede banget. Mbah makan 4 udang, mbah emang seneng makan dan nggak pernah pantangan. Saya nggak yakin mbah kemakan nasi yg berkuah juga atau nggak. Pagi besoknya mbah ngeluh sakit kepala, dan dibawa ke mantri belakang. Seharian cuma tidur, bahkan ga napsu buat melek. Tapi kalau disuruh makan sama minum obat mau aja.

Kemarin waktu sy pulang istirahat mbah sudah susah ngomong. Muntah2 dan ngeringkuk. Saya balik kantor bawa dipta, mama telpon kalo bawa mbah ke rumah sakit. Di rumah sakit pun masih lemes dan nggak melek sama sekali.

Mbah itu.. Suka ngomel, suka ngomongin orang, suka ngomporin. Tapi dari kecil mbah yg ngajarin sy belajar baca, masakin saya makanan, dan tidur sama saya. Semenjak mbah sakit, ingatan saya mundur kebelakang. Mulai kapan saya jd nggak perduli sama mbah? Bahkan saya cari2 foto mbah di hp saya, kayaknya sudah setahun saya ga foto mbah. Habis nikah saya kok jadi nggak terlalu care sama mbah ya? Mungkin karena setiap deket sama mbah, dia selalu ngomong yg jelek2 ttg seseorang. Tapi yg nyuapin sy dulu itu mbah.

Mbah selalu bilang kalau rumah bude utik itu jauh, dan jalannya lama. Rumah doni juga jauh, ada pesawat terbang yg lewat lalu lalang. Karena cuman 2 rumah itu yg "pernah" mbah datangin. Mbah paling nggak mau kalau disuruh ikut pergi2. Jadi cerita 2 rumah itu keliatan banget kalau kesannya itu wah dimata mbah. Mbah juga suka ngemil, mbah doyan makan lah. Tapi kemarin sy kasih roti, nggak dipegang sama sekali. Apa harusnya dari dulu saya belikan mbah yg enak2? Kadang saya ngerasa sy salah karena berubah. Tapi orang kan memang suatu saat berubah. Tapi sy tau sy salah.

Tadi mama telpon mbah matanya mendelik, tidur gelisah, lidahnya melet2. Mama nelpon sambil nangis, saya takut dengernya.

Mbah sudah ikut mama semenjak bapak sy ninggal. Umur saya 29, mungkin mbah sudah 25 tahun atau lebih. Beberapa hari saya pulang kantor sering takut, takut kalo rumah penuh sama orang2. Waktu liat nggak ada yg rame2, saya nggak bisa lega juga. Waktu ingat yg dulu2 bareng mbah,  sy ga nangis. Tapi waktu inget mbah ikut saya ngurus anak2 kucing, ikut kasih makan, ikut nyangkul kalo ada yg ngubur, ikut nangis waktu ngubur salah satu kucing kesayangan kami, poto bareng oscar kucing saya, saya selalu nangis.

Doa yg terbaik buat mbah. Kalau memang sudah jalannya, bukan karena udang atau nasi padang. Memang sudah kehendak Allah. Semoga anak2 bulu ibu yg sudah pergi ke surga, ikutan doakan mbah ya sayang. Berikan doa terbaik kalian buat mbah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

mau protes? tulis aja!!