Selasa, 10 Maret 2020

Saya punya broker yg sukaaaa banget nelpon lama-lama. Katanya kalo ga denger suara saya rasa gimana gitu, preeett. Jual beli ayamnya paling cuman 5 menit, ngobrol yg lainnya bisa 15 menit sendiri. Dari mulai ngerayu tipis-tipis, masalah keluarga, cinta, anak, agama, pekerjaan, etika, sampai masalah dunia. Saya akui si bapak ini emang cerdas, dan juga semua omongan yg keluar dari mulutnya itu kayak udah di filter gitu lho. Kadang kami ngobrol asik, ngobrol santai, sampai ngobrol beraaatt. 

Dia tau saya suka kucing, dan dia bilang sama kayak adik iparnya. Dia kirim video kucing adik iparnya yg lumayan banyak. Dan si bapak ini tanya

"Kenapa kamu suka banget sama kucing?"
"Karena ngga semua orang suka sama hewan pak. Anggap aja sedekah lah, dari sekian banyak orang pasti banyak sedekah ke orang kurang mampu. Tapi ga sampe 50 orang yg mau sedekah ke hewan. Padahal mereka juga ciptaan Tuhan"

Tsaaahhhh, jawaban gue gaes... Beraaat, seberat badan ini tuk melangkah, huehehe. Tapi memang bener, menurut saya banyak orang baik di dunia ini yg sedekah ke orang yg kurang mampu. Tapi nggak semua orang baik juga mau sedekah ke hewan yg terlantar. Dari saya kecil, saya ngga pernah punya kucing mahal khas bulu panjang yg indah kok. Semua dapat di jalan, ambil di jalan, atau penghuni yg datang ke rumah dan beranak pinak dengan tenang, sedangkan tuannya ketar ketir kebanyakan cicit.

Lalu beberapa minggu yg lalu si bapak membuka sesi curhat dong mah. Saya sambut dengan iya dong..

Saya lupa tepatnya obrolan dimulai dari mana. Tapi yg saya ingat kami ngomongin tentang istri, suami dan nafkah. Saya bilang saya ngga pernah buka dompet suami kalo ga disuruh, paling cuman ngeberesin dompet suami karena habis dimainin sama dipta. Saya nggak pernah minta uang ke suami. Cuman satu kali saya inget banget saya minta uang lima ribu karena males ke ATM, dan perlu beli sate buat dipta sarapan. Lalu si bapak bilang istrinya juga begitu, sama kayak saya. 

"Saya suka bilang sama istri, itu ada uang ambil aja, belanja aja. Tapi dia ga ambil banyak tika, cuman sedikit"
"Aku juga gitu pak, kalau disuruh ambil itu malah kesannya takut kebanyakan. Aku lebih suka dikasih berapa nih, misalnya dua ratus ya, ya udah tenang tu mau kuhabisin atau nggak, kan sudah jadi punyaku semua"
"Oh, gitu ya tika. Apa kukasih gitu juga ya tika?"
"Iya lah, lebih baik seperti itu"
"Kamu suka ya dikasih uang sama suamimu?"
"Yaelah, ya suka lah. Gimana to wong dikasih uang kok ga suka? Biasanya aku ada jatah bulanan beli ikan sama sayur pak. Uang gajiku untuk keperluan dipta sebulan. Tapi waktu dia kasih uang tambahan ya seneng dong.."
"Nanti kukasih uang deh istriku"

Obrolan santai yg membawa pembelajaran, kan? Si bapak ini punya anak 3, dan satu cucu. Perkawinannya pasti sudah lama syekali. Tapi dia masih mau tanya dan sharing ke saya. Dan saya seneng akhirnya ada suami yg bisa mengerti istrinya, lewat obrolan ringan ini. Karena yg namanya belajar bisa dimana aja, sama siapa aja, lewat media apa aja.


Thanks To: Budi Susanto

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

mau protes? tulis aja!!