Jumat, 23 Agustus 2019



 
Kami dulu tetangga, teman sedari kecil..


Saya nggak ingat jelas gimana kita bisa kenal pertama kali. Tapi dulu itu saya suka beli permen bentuk jeruk dan coklat musang di warung mbahnya. Dia dua tahun lebih tua dari saya. Dia selalu ngemong saya, jadi sahabat saya, juga jadi guru saya. Dia selalu ngalah sama saya, padahal notabene nya kami sama-sama taurus yg keras kepalanya susah di "jinakkan". Kami selalu membanggakan ke "taurus" an kami. Setiap ada ramalan zodiak muncul, selalu saling kasih kabar. 

Pulang sekolah kami sering main. Terakhir yg saya ingat kami main rumah-rumahan itu waktu saya kelas 6 dan dia baru masuk SMP. Trus kami main jungkat jungkit dari bambu yg bikin saya terbang melayang karena dia jatuh duluan. Makan jambu air berulat di atas pohonnya langsung, dan dia tukang buang ulatnya, saya tukang makan buahnya. Waktu saya nggak bisa kerjaan PR matematika jaman SMP, dia kerjakan semua. Niatnya saya minta ajarin, tapi karena dia ga bisa ngejelasin caranya akhirnya dia yg kerjakan semua. 

Setiap sore dia nimba air, bawa 2 ember besar buat di dalam rumahnya bolak balik berkali-kali. Gara-gara nimba, tangannya banyak kapalan. Dia nggak pernah malu bilang ke orang lain kalau dia pernah nggak naik setahun waktu kelas satu SD. Hobi kami nongkrong sore-sore sambil duduk di pondasi. Saya corat coret pasir, dia sibuk metikin daun di sebelahnya. Tangannya ga bisa diem, kalau ada yg dipetik ya dipetik selama itu terjangkau. Bahkan kembang mama saya nggak luput dari "petikan". 

Waktu mbahnya meninggal, saya nggak berani datang. Kata mama saya dia nangis sambil bilang "nanti aku sama siapa". Karena memang cuma mbahnya yg "murni" cintanya. I know..

Semakin dewasa kami semkain jarang ketemu. Bahkan chattingan pun sebulan sekali belum tentu. Dia sibuk, saya sibuk. Apa orang dewasa memang gitu? 

Hari ini dia menikah. Saya nggak bisa datang, karena saya kerja. Dulu waktu saya nikah, sehari sebelum akad dia ngelulurin saya. Bahkan dia ngajak saya luluran bareng disuatu tempat. Dia selalu ada buat saya waktu itu. Maap karena nggak bisa balas ya mbak. 

Saya tau perjalanan hidupnya dari kecil sudah keras. Saya cuma pengen supaya setelah menikah semua berubah jauuuuh lebih indah. Karena dia itu teman kecil saya, sahabat saya, dan kakak saya. 


Selamat menempuh hidup baru bu guru.. Hmmm, mberebes mili. Kita dari jaman buluk sampai jaman besar berlipat-lipat gini. Ngga tau mau ngomong apa, yg jelas semua doa yg terbaik pasti untuk kamu. Walaupun kita makin jauuuuh nantinya, semoga kita sama-sama hidup bahagia. Semoga ini yg terbaik, dan sekali lagi selamat mbak muniiiiii..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

mau protes? tulis aja!!